Flame Sword

Thursday, December 31, 2015

Pernapasan Manusia

Pernapasan adalah proses menghirup udara yang mengandung oksigen (O2)dan menghembuskan udara yang mengandung karbon dioksida (CO2). Pernapasan manusia dibagi menjadi dua yaitu, pernapasan dada dan pernapasan perut. Pernapasan dada adalah pernapasan yang terjadi karena gerakan otot-otot antar tulang rusuk . Pernapasan perut adalah pernapasan yang terjadi karena gerakan otot-otot diafragma. 


Organ-organ pernapasan yaitu:

1.Hidung


Hidung adalah bagian yang paling menonjol di wajah, yang berfungsi menghirup udara pernapasan, menyaring udara, menghangatkan udara pernapasan, juga berperan dalam resonansi suara.
Hidung merupakan alat indera manusia yang menanggapi rangsang berupa bau atau zat kimia yang berupa gas. Di dalam rongga hidung terdapat serabut saraf pembau yang dilengkapi dengan sel-sel pembau. Setiap sel pembau mempunyai rambut-rambut halus (silia olfaktori) di ujungnya dan diliputi oleh selaput lendir yang berfungsi sebagai pelembab rongga hidung.
penyakit yang menyerang hidung adalah
1.Salesma (Cold) dan Influenza (Flu)



Influenza adalah kondisi alat pernafasan yang terinfeksi virus. Umumnya menyebabkan batuk, pilekm sakit leher, dan terkadang panas atau sakit persendian yang disertai dengan pusing. Pada anak kecil, biasanya disertai dengan gejala mencret ringan.

Sebaiknya hindarilah penggunaan penicillin, tetracyline, atau antibiotik lainnya, karena obat jenis ini tidak dapat menyembuhkan penyakit influenza, san justru akan menimbulkan bahaya. Penyakit Influenza ini hampir selalu sembuh dengan sendirinya tanpa obat, anda hanya perlu melakukan beberapa hal sederhana berikut ini ketika sedang mengalami penyakit influenza:
  • Hindari minuman dingin dan selalu konsumsi air hangat
  • Istirahatlah yang cukup
  • Jika mengalami panas dan skit kepala, cukup konsumsi aspirin atau acetaminiphen
  • Untuk penyaki influenza ini tdiak ada pantangan khusus, dan bagi penderitanya sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C.
  • Jika mengalami sakit tenggorokan atau sakit leher, berkumurlah dengan air hangat.


Jika penyakit influenza ini berlangsung lebih dari 1 minggu atau menimbulkan panas, batuk, lendir, sampai sakit dada, maka kemungkinan penderita tersebut mengalami radang cabang tenggorokan (bronchitis) atay radang paru-paru (penumonia).
2.Peradangan hidung akibat alergi (Rhinitis Allergica)



penyakit ini bisa disebabkan karena adanya reaksi alergi pada hidung karena masuknya substansi asing dalam saluran tenggorokan. Anda juga bisa menggunakan antihistamin seperti chlorpheniramine, dimenhydrinate sebagai pencegah. Sebelumnyam, ketahuilah terlebih dahulu penyebab terjadinya alergi yang dialami apakah karena debu, bulu ayam, jamur, tepung, sari bunga atau alergi yang disebabkan oleh alergen lainnya.

3.Hidung tersumbat dan pilek





Alergi atau salesma bisa menjadi penyebab hidung tersumbat atau pilek. Pada anak-anak, banyaknya lendir dalam hidung bisa menyebabkan infeksi telinga. Sedangkan pada orang dewasa, lendir berlebihan dapat mengakibatkan gangguan sinus atau peradangan dan berlangsung lama di dalam rongga tulang yang berhubungan dengan hidung.



Cara mengatasi:

  • Menaruh uap air panas di dekat badan dan menghirupnya, dengan cara demikian maka akan dapat melegakan hidung yang tersumbat
  • Jangan menghembuskan ingus kuat-kuat karena bisa menimbulkan sakit telinga bahkan sampai infeksi sinus.
  • Jika sering mengalami sakit telinga atau gangguan sinus kita dpat mencegahnya dengan memakai tetes hidung decongestan seperti phenylprine.
  • 4.

    • Gangguan Sinus ( Penyakit sinusitis)


      • Sinusitis atau peradangan sinus terjadi pada rongga-rongga dalam tulang yang berhubungan dengan rongga hidung. Adapun tanda-tanda atau gejala penyakit sinusitis adalah sebagai berikut:
        • Terasa sakit di wajah, khususnya sekitar mata, terlebih lagi ketika anda mengetuk tulang atau menundukkan kepala.
        • Hidung sering tersumbat karena adanya nanah atau ingus yang kental.
        • Terkadang gejala yang timbul tersebut disertai dengan panas.
        Penyakit sinusitis dapat kita obati dengan menggunakan metode penyembuhan secara alami dengan mengunakan bahan dan alat sederhana. Adapun cara mengatasi penyakti sinusitis secara alami  adalah sebagai berikut:
        • Menghirup sedikit air garam ke dalam hidung
        • Guankan tetes hidung decongestan seperti phenyleprine
        • Letakkan kompres hangat di wajah
        • Tetracyline, ampicillin atau penicillin merupakan jenis antibiotik yang bisa digunakan untuk meresakan sinusitis
        Itulah sajian informasi macam-macam penyakit hidung. Jagalah kebersihan dan kesehatan hisung dengan mendisiplainkan diri dalam menjalani pola makan dan gaya hidung yang lebih sehat.



2.Kerongkongan

kerongkongan adalah tabung (tube) berotot pada vertebrata yang dilalui sewaktu makanan mengalir dari bagian mulut ke dalam lambung. Makanan berjalan melalui esofagus dengan menggunakan proses peristaltik.
Esofagus bertemu dengan faring – yang menghubungkan esofagus dengan rongga mulut – pada ruas ke-6 tulang belakang. Menuruthistologi, esofagus dibagi menjadi tiga bagian: bagian superior (sebagian besar adalah otot rangka), bagian tengah (campuran otot rangka dan otot polos), serta bagian inferior (terutama terdiri dari otot polos).
Pada beberapa penyakit kronis seperti pada Sirosis Hati, pembuluh darah esofagus bisa mengalami pelebaran yang di sebut varises esofagus.
3.Paru.paru
Paru-paru adalah organ pada sistem pernapasan (respirasi) dan berhubungan dengan sistem peredaran darah (sirkulasi)vertebrata yang bernapas dengan udara. Fungsinya adalah menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Prosesnya disebut "pernapasan eksternal" atau bernapas. Paru-paru juga mempunyai fungsi nonrespirasi. Istilah kedokteran yang berhubungan dengan paru-paru sering mulai di pulmo-, dari kata Latin pulmones untuk paru-paru.





No comments:

Post a Comment