Flame Sword

Saturday, January 23, 2016

Gaya

MACAM-MACAM GAYA DAN PENGERTIANNYA

Hai....... sobat Hudan bertemu lagi di blog saya.Saya akan menulis tentang macam macam gaya dan pengertiannya . Sebelum kita mendalami tentang gaya saya akan memberitahukan apa itu GAYA.
GAYA adalah suatu kekuatan (tarikan dan dorongan) yang mengakibatkan benda yang dikenainya mengalami perubahan posisi atau kedudukan (bergerak) atau berubah bentuk. gaya dibagi menjadi.



1.GAYA GRAVITASI

  Pernahkah sobat melihat buah jatuh dari pohonnya? peristiwa jatuhnya benda, seperti buah ke bumi dipengaruhi oleh gravitasi bumi. contoh pengaruhnya seperti buah akan jatuh ke bawah dan penerjun payung akan jatuh ke bumi.

  Gaya gravitasi adalah gaya tarik bumi terhadap benda-benda yang berada di atasnya.Pengaruh gaya gravitasi makin kecil , jika jarak benda makin jauh.
  Pengaruh gaya gravitasi terhadap semua benda tetap dan sama. Namun, jatuhnya benda dipengaruhi oleh berat, bentuk, dan ukuran benda. benda yang berat akan jatuh lebih cepat daripada benda yang ringan. benda yang lebar akan lebih lambat dari pada benda yang lancip atau tumpul.  jika selisih benda sangat kecil benda akan jatuh bersamaan.


2.GAYA GESEK
  Masih ingatkah sobat tentang gesekan? ya..... gesekan adalah suatu gaya yang menghambat benda pada suatu permukaan. jadi..... gaya gesek adalah hambatan yang terjadi ketika dua permukaan benda bersentuhan.
  Gaya gesek membuat orang berjalan  tidak akan tergelincir ketika berjalan. karena ketika sobat berjalan akan terjadi gesekan antara sepatu dengan lantai. hal ini menyebabkan kita tidak akan tergelincir saat berjalan. Gaya gesek juga dapat mengurangi kecepatan kendaraan. Mobil kecepatannya makin berkurang, karena adanya gaya gesek pada rem mobil.
  Adanya gaya gesek , manusia mendapat banyak keuntungan dan kekurangan, keuntungannya antara lain:

  • manusia dapat berjalan di atas tanah tanpa tergelincir,
  • manusia dapat memegang sesuatu,
  • mobil atau motor dapat berhenti ketika di rem,
  • tangga dapat dicondongkan tanpa tergelincir, dan
  • manusia dapat menyalakan korek api.
  selain mempunyai keuntungan gaya gesek juga mempunyai kekurangan antara lain:

  • dapat merusak benda yang bersentuhan,
  • mengurangi tenaga yang dihasilkan,
  • memperlambat gerakan benda, dan
  • memerlukan gaya yang lebih besar
  Gaya gesek dapat diperbesar atau diperkecil. Gaya gesek dapat diperbesar dengan cara memperkasar permukaan benda yang bersentuhan,menambah tekanan/berat benda, dan memberi alur pada benda.
  Cara memperkecil gaya gesek, antara memberi roda pada bawah benda, memperlicin permukaan yang bersentuhan, memberi minyak pelumnas/oli, dan memberi bantalan peluru pada poros roda.


3.GAYA MAGNET
   Benda benda yang tertarik oleh magnet adalah benda yang terbuat dari besi/logam dan sebagainya. benda benda yang tertarik oleh magnet disebut benda magnetik dan benda yang tidak ditarik oleh magnet disebut benda nonmagnetik.
   Benda benda magnetik dikelompokan menjadi tiga kelompok berdasarkan sifatnya

  1. Feromagnetik, yaitu benda benda yang kuat ditarik oleh magnet contohnya: besi,baja,nikel,dan kobalt
  2. Paramagnetik, yaitu benda benda yang lemah ditarik oleh magnet contohnya: aluminium,tembaga,dan platina
  3. Diamagnetik, yaitu benda benda yang sama sekali tidak ditarik oleh magnet contohnya: emas dan seng.
   Magnet mempunyai 2 kutub yaitu kutub selatan dan kutub utara, jika kutub senama di dekatkan akan tolak menolak dan jika kutub tidak senama di dekatkan akan saling tarik menarik,
    Alat alat yang menggunakan magnet contohnya: pintu lemari es, jarum kompas, radio, tape recorder, dan televisi. Magnet dibagi menjadi dua yaitu magnet alami dan buatan, magnet alami adalah magnet yang ada secara alami dan magnet buatan adalah magnet yang dibuat oleh manusia.
    Cara membuat magnet yaitu:
1.GOSOKAN
    Pembuatan magnet dengan cara ini dilakukan dengan cara menggosokan magnet secara searah pada benda yang akan dibuat magnet. Benda magnetik yang menempel pada magnet dapat menarik benda benda magnetik lainnya, contohnya jarum atau paku payung



2.INDUKSI
    Pembuatan magnet dengan cara ini dilakukan dengan menempelkan benda yang akan dibuat magnet pada batang magnet. contohnya pembuatan magnet secara induksi adalah jarum yang menempel pada magnet. jarum tersebut lama kelamaan dapat menarik logam logam kecil



3.ELEKTROMAGNETIK
     Pembuatan magnet dengan cara ini dilakukan dengan cara mengalirkan arus listrik ke benda yang akan dibuat magnet cara ini membutuhkan benda benda yaitu paku yang cukup besar, kawat tembaga 30 cm/ 40 cm, dan satu buah batu baterai (besar) baru.
     Cara pembuatannya yaitu:

      1. lilitkan kawat tembaga ke paku! makin banyak lilitan maka akan makin kuat
     
       2. sambungkan kedua ujung kawat ke batu baterai!

       3. dekatkan paku itu ke jarum atau paku paku kecil, maka jarum dan paku kecil akan menempel ke paku.!

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA BLOG SAYA JANGAN LUPA LIKENYA hehehehehe.........:)






No comments:

Post a Comment